Jumat, 22 Maret 2013

7 Game RPG Playstation 1 Terbaik Sepanjang Masa


Mungkin masih ingat waktu kita main RPG di PS1, menurut saya malah lebih banyak RPG seru di PS1 daripada PS2 ato PS3, mungkin segi gameplay dan grafis jelas kalah dari game RPG PS2 dan PS3. Tapi dari segi storyline, menurut saya malah RPG PS1 lebih menarik dibanding RPG-RPG terbaru.


Berikut adalah 7 Game RPG terbaik menurut saya :

1.Final Fantasy VII
 
FF VII adalah merupakan salah satu Game RPG terlaris di PS1, dengan total penjualan mencapai 9.9 juta kopi di seluruh dunia, memiliki sistem battle yang tampak tidak banyak berubah dari FFVI meski perubahan terbesar yang juga dianggap sebagai evolusi penting dari seri FF dan seluruh game RPG adalah perubahan grafis dari 2D ke 3D.
FF VII adalah seri ke-7 dari serial game Final Fantasy yang dirilis oleh Squaresoft pada tahun 1997. Game ini merupakan game yang pertama kali menggunakan grafis 3D sehingga termasuk dalam game legendaris sepanjang masa. Serial game Final Fantasy selalu memiliki jalan cerita dan game play yang apik, dan hal ini tidak berubah di FF VII.
Dengan sistem materia yang menarik dan mungkin sistem terbaik dalam sejarah FF (dengan setting materia tertentu anda dapat mengalahkan boss terakhir tanpa menyentuh joystick sekalipun, dan saya sudah membuktikannya sendiri) dan juga sistem Limit Break yang merupakan evolusi dari sistem sejenis di FFVI, ada pula kelebihan FFVII yang lain adalah mini game nya yang banyak dan menarik (bahkan salah satu game di FFVII yaitu Chocobo Race dibuatkan game tersendiri dengan judul Chocobo Racing).
Daya tarik utama FFVII adalah storyline, ya, storyline FFVII begitu dalam dan menarik untuk diikuti, hal ini pula yang membuat Square Enix merilis FFVII Compilation yang berupa film FFVII Advent Children dan beberapa game baru yang masih berhubungan dengan FFVII.

2. Legend of legaia

Legend Of Legaia adalah salah satu RPG awal di PS1, dirilis tahun 1998 di Jepang, game ini langsung menyedot perhatian RPGer di seluruh dunia karena battle systemnya yang unik dimana pemain menginputkan perintah battle seperti pada game fighting.
Game ini memiliki kelebihan pada system battle dan grafis 3D pada saat battle. Jalan ceritanya juga tidak kalah dengan judul-judul game diatas.
Ceritanya berkisar petualangan Van, Noah, dan Gala untuk mengusir Seru yang menjadi agresif karena bersentuhan dengan Mist dengan menggunakan Ra-Seru (Seru yang memiliki afiliasi elemen) yang tertanam dalam tubuh mereka.

3.Xenogears

Game ini dirilis oleh Squaresoft pada tahun 1998, Game ini bercerita tentang Fei Fong Wong yang berusaha mengetahui kenyataan dari konspirasi Ministry Of Gazel yang menyembunyikan kebenaran dunia yang sebenarnya.
Sistem unik yang ditawarkan Xenogears adalah tentu saja Gear Battle, dimana pemain dapat melakukan battle di atas robot raksasa yang disebut Gear, bahkan beberapa bagian dari game membutuhkan kontrol Gears pada field (non-battle).
Cerita yang sangat kompleks menjadi poin plus bagi game ini, mulai dari konspirasi Ministry Of Gazel, kenyataan Deus dan keberadaan manusia, silsilah Fei dan Elly, semuanya terangkai rapi dalam Xenogears, bahkan ada yang mengatakan : bila kita melihat Xenogears dari storyline, maka ia adalah seperti sebuah lukisan indah, namun bila melihat dari segi grafis, maka Xenogears tak ubahnya seperti gambar anak SD.

4. Final Fantasy VIII 
Final Fantasy VIII tak diragukan lagi adalah game RPG paling laris di PS1, mendapat pemasukan $50 juta dalam 13 minggu dan telah terjual 8.15 juta kopi di seluruh dunia.
FF VIII adalah seri ke-8 dari serial game Final Fantasy yang dirilis oleh Squaresoft pada tahun 1999. Game ini mencapai penjualan 8.15 juta kopi diseluruh dunia pada tanggal 31 Maret 2003.
Faktor kesuksesan FFVIII adalah promosi gila-gilaan yang dilakukan Squaresoft dan juga design karakter yang menarik yang juga didukung grafis yang sangat menawan ditambah dengan legenda nama Final Fantasy.
Meskipun sebenarnya poin plus FFVIII memang hanya pada grafisnya saja, kebanyakan kritikus game di seluruh dunia menilai baik gameplay ataupun storyline dari FFVIII ini termasuk biasa saja atau bahkan buruk untuk game sekelas Final Fantasy, meskipun menurut gw sistem junction cukup asik dan mini game kartu Triple Triad sangat adiktif (gw pernah main FFVIII seminggu penuh hanya untuk hunting kartu).
Cerita FFVIII berkisar pada Squall Leonheart, seorang SeeD dari Balamb Garden bersama teman-temannya berusaha membasmi Sorceress Edea dari Galbadia yang telah menyatakan perang ke seluruh dunia, meskipun pada akhirnya diketahui bahwa Edea hanyalah dikendalikan oleh Sorceress Ultimecia dari masa depan.

5.Legend Of The Dragoon

Salah satu game dengan grafis terbaik di PS1, juga dengan battle system yang unik karena sistem dragoon soul yang dapat mengubah karakter ke mode dragoon yang memiliki skill tersendiri yang tampilan efek skillnya sangat menawan.
Legend of the Dragoon adalah game yang dirilis oleh Sony Computer Entertainment pada tahun 1999. Game ini berhasil menciptakan basis fans yang besar tidak lama setelah rilis.
Cerita LotD adalah kisah Dart dan kawan-kawan sesama Dragoon, ras pengendali naga yang dianggap telah punah untuk melawan Emperor Diaz dan Melbu Frahma yang hendak menghancurkan dunia.

6.Final Fantasy IX
FF IX adalah seri ke-9 dari serial game Final Fantasy yang dirilis oleh Squaresoft pada tahun 2000. Game ini merupakan seri FF terakhir yang dirilis pada platform PS1 dan sukses mencapai penjualan 5.3 juta kopi diseluruh dunia pada tanggal 31 Maret 2003.
Tema dari Final Fantasy IX ini adalah “Final Fantasy Classic” karena itu, hampir semua sistem dalam Final Fantasy IX ini mirip dengan sistem pada FF-FF sebelum FFVII, misalnya sistem Trance yang menggantikan Limit Break juga ada di FFVI dengan nama berbeda, sistem kristal juga mengadopsi sistem kristal FFIII-V.
Cerita FFIX ini berkisar pada Zidane Tribal, seorang pencuri dari kelompok Tantalus yang berencana menculik putri Garnet dari kerajaan Alexandria, setelah menculik Garnet, Zidane dan Garnet terlibat dalam petualangan yang berujung pada kenyataan bahwa selama ini Alexandria yang dipimpin oleh ibu angkat Garnet yaitu Brahne telah diperalat oleh Kuja yang dikendalikan oleh Necron untuk menghancurkan kehidupan di Gaia (dunia dalam FFIX).

7.Chrono Cross
Chrono Cross merupakan game yang dirilis oleh Squaresoft pada tahun 2000. Game ini mendapat rating tertinggi yakni 10.0 dari website game terkenal yakni GameSpot sesaat setelah rilis. Sekuel dari Chrono Trigger ini memang menawarkan grafis luar biasa (bahkan melebihi FFVIII) dengan game environment yang penuh warna-warna cerah, dari segi musik pun, Yasunori Mitsuda menggarap musik Chrono Cross dengan sangat apik dan indah.
Meski indah di mata, namun banyak yang beranggapan Chrono Cross adalah salah satu game tersulit, karena banyaknya karakter yang bisa direkrut dapat membuat pemain ketinggalan merekrut pemain (mirip FFVI) dan juga beberapa boss yang sulit dikalahkan (misal : Dario, saya butuh 3 hari untuk akhirnya dapat mengalahkan Dario).
Kisahnya tentang Serge dan Kid yang berusaha menyelamatkan dua dimensi dunia dari kehancuran yang disebabkan oleh FATE dan Time Devourer.

Itu dia beberapa Game RPG Terbaik menurut saya, dan bahkan masih berkesan hingga sekarang, semoga dapat membangkitkan nostalgia lama anda terhadap game-game RPG lawas yang mungkin sudah lama tidak pernah dimainkan kembali.


Jangan Lupa Commentnya yah :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar